.musically.flickering.digital.culinary.experiences.

Mixed Foil Yaki

Gara-gara pernah makan di salah satu resto Teppan di Plaza Senayan, disana gw liat ada yang namanya Salmon Foilyaki di menunya. Tampilannya menarik. Ikan salmon yang dicampur sayuran dan pake bumbu Teppan, dibungkus aluminum foil. Waktu itu ga nyoba menu itu, tapi Teppan biasa. Tapi gw selalu penasaran untuk bikin sendiri.
Seperti biasa, gw googling dulu bumbu apa aja yang biasa dipake untuk bikin Teppanyaki.
Ternyata melibatkan Soy Sauce (kecap asin) dan Mirin.. Hmm.. Setau gw, kedua bahan itu merupakan dasar untuk bikin saus Teriyaki..
Akhirnya, gw memutuskan untuk bikin Foil Yaki pake saus Teriyaki.

Bahan-bahan yang gw pake:
– Ikan Salmon fillet (dengan kulit, cabut duri2 yang masih menempel di dagingnya)
– Udang (jenis Jerbung ato Pancet. Yang gede lah. Kupas kulitnya)
– Cumi (dibersihin, potong-potong)
– Daging Ayam fillet (potong-potong)
– Jamur Shimeji
– Jamur Shitake (karena ini merupakan jamur favorit gw)
– Tauge
– Sawi Hijau
– Bawang Bombai

Bumbu:
– Bawang putih (dicacah atau di crushed)
– Teriyaki Marinade
– Lada Hitam

Cara membuat:
1. Ikan salmon, udang, cumi dan ayam ditaro di wadah plastik.

Salmon Fillet, Udang, Cumi, Ayam Fillet

2. Rendam dengan Teriyaki Marinade. Simpan di kulkas. Minimal 1 jam.

Salmon Fillet, Udang, Cumi, Ayam Fillet direndam saus Teriyaki
3. Siapkan Aluminum Foil untuk memasak. Basahi dengan minyak. Gw pake Olive Oil Spray. Taro cacahan bawang putih tadi diatasnya.

4. Susun daging ikan, udang, cumi dan ayam tadi diatas Aluminum Foil.

Salmon Fillet, Udang, Cumi, Ayam Fillet disusun di Aluminum Foil
5. Bubuhi lada hitam diatas daging yang sudah disusun tadi.

Salmon Fillet, Udang, Cumi, Ayam Fillet dibubuhi lada hitam
6. Susun sisa bahan-bahan sayuran yang sudah dipotong-potong. Urutannya sih bebas aja. Tapi kalo susunan gw:

Jamur Shitake

Jamur Shitake

Jamur Shimeji

Jamur Shimeji

Daun Sawi Hijau

Daun Sawi Hijau

Tauge

Tauge

Bawang Bombai

Bawang Bombay

7. Tuang sedikit sisa marinade keatas sayuran.

Tuang sedikit marinade

8. Tutup rapat Aluminum Foil.

Aluminum Foil ditutup rapat

9. Panggang di oven. Gw pake oven listrik. Suhu 150 derajat Celcius. Pemanas atas dan bawah. 35 menit.

10. Keluarkan dari oven.

Begitu lipatan Aluminum Foil dibuka, wangi saus Teriyaki langsung menyebar bareng uap panas dari kuah yang berasal dari semua daging dan sayuran didalamnya. Slurp! 🙂

Mixed Foil Yaki

Mixed Foil Yaki

Yang pertama dicicip daging ayamnya. Bumbu Teriyaki udah meresap banget ke daging ayam itu. Empuk dan juicy.
Berikutnya yang dicicip jamurnya. Karena emang sifat dari jamur itu menyerap cairan, bumbu Teriyaki juga udah meresap dan kerasa banget di jamurnya. Shitake maupun Shimeji.
Akhirnya makan bareng nasi. Sungguh nikmat Mixed Foil Yaki ini. Bikinnya gampang banget!
Nyoba nyeruput kuahnya. Huhuhu. Enyakenyakenyak. Kuahnya manis dan ada sedikit rasa lada hitam.
Daging cumi dan udang sedikit over-cooked. Mungkin karena seharusnya kedua daging ini ga boleh terlalu lama ya masaknya. Udangnya udah jelas. Karena kelamaan dimasak. Jd agak kering dagingnya, gak juicy. Sementara cuminya, mungkin juga karena gw make cumi yg agak kecil, jadi dagingnya terlalu tipis. Tapi keduanya sih tetap enak.
Karena bintang utamanya adalah si ikan Salmon, gw makan paling terakhir. Dan ternyata emang cocok banget untuk dimakan terakhir. Saved the best for last.. Dagingnya jadinya uenak banget. Rasa bumbu teriyaki ga terlalu dominan, tapi tetap kerasa, dan dagingnya itu meleleh di lidah. Terutama kulitnya. Beuh! Gw biasanya ga suka ama kulit apapun yang direbus. Tapi ternyata kulit Salmon dimasak dengan bumbu ini pas banget. Sama seperti dagingnya, kulitnya juga meleleh dilidah.
Yang gw ga suka cuma daun Sawi Hijau-nya.. Jadinya terlalu layu, dan terlihat ga menarik banget untuk dimakan. Mungkin lain kali akan dicoba diganti dengan daun Kailan atau Bak-Choy..

Mixed Foil Yaki

Overall puas banget dengan eksperimen masak Mixed Foil Yaki ini.. 🙂

Tinggalkan komentar